Sunday 20 September 2015

Visual Basic 2010


Visual Basic 2010 merupakan bagian dari yang terdapat di dalam paket software Microsoft Visual Studio 2010 yang dirilis pada bulan April 2010, di dalam paket tersebut terdapat software lain seperti Visual C#, Vusual C++, Visual F#, dan Web Development (ASP.Net), (XML Web Service), dan Visual Basic.

Mungkin anda bertanya “Apa sih perbedaan Visual Basic 2010 dari versi sebelumnya? Menurut sumber (buku Visual Basic 2010), dari yang pernah saya baca Microsoft mengklaim bahwa di versi 2010 ini terdapat beberapa fitur baru dari sebelumnya seperti.


  • Auto – Implemented Properties

Fitur ini dapat memungkinankan kita untuk menentukan properties dengan cepat dari suatu class, tanpa kita harus mengetikkan kode secara manul ini dikarenakan visual basic dapat membuat perintah otomatis untuk melengkapi kode tersebut. Lihat contoh di bawah ini:

Property contoh As String
Get
(Baris kode perintah)
Set (ByVal value As String
(Baris kode Perintah)
End Set
End Property


Keterangan Kode

Baris 1 kelas Property dengan nama contoh
Baris 2 Begitu kita membuka fungsi untuk mengambil nilai property maka otomatis visual basic akan membuat perintah didalamnya seperti pada 3 sampai 5



  • Collection Initializers

Fitur ini dapat digunakan untuk membuat variabel yang memiliki nilai property lebih dari satu, yang memungkinkan dapat kita gunakan untuk membuat suatu daftar pilihan seperti nama, hari, tanggal atau lain sebagainya, contoh sederhana dapat kita lihat seperti baris kode dibawa ini.


Dim bulan = {“Januari”, “ Februari”, “Desember”,”...”} 
Dim Tanggal = {1,2,3,4,5}
Dim MenuMakanan As New List ( Of String) From {“Bakso”, “Model”, “Pempek”}


Keterangan Kode.

Baris 1 Variabel array dengan nilai String.
Baris 2 Variabel array dengan nilai integer.
Baris 3 Variabel yang dibuat untuk menyimpan nilai properti lebih dari satu dan menampilkan nilai properti tersebut.


  • Implicit Line Continuation

Fitur ini dapat memungkinkan kita untuk melanjutkan baris kode pemograman dimana kita tidak harus membuat garis bawah (_), ketika kita melengkapi kode pada baris baru. Contoh sederhana kita lihat kode di bawah ini.

Public Function Mahasiswa (ByVal nip As String, .
ByVal nama Char, .
ByVal jurusan Integer) As String
End Function.<br/>


Keterangan Kode

Baris 1 – 4 Function dengan beberapa parameter didalamanya yang diketik tanpa menggunakan garis bawah untuk baris kode berikutnya. .


  • Hightlighting References

Fitur ini dapat memudahkan kta mencari alur logika pemograman dengan cepat dikarenakan fungsi ini dapat memblok secara otomatis perintah – perintah kata kunci yang berhubungan hanya dengan mengklik kata kunci tersebut sepertih printah if...Then, Select... Case, dan lain sebagainya. Dapat kita lihat seperti gambar 1.0

  • Navigate To

Fitur ini dapat kita gunakan untuk mencari kata kunci didalam source code visual basic 2010. Untuk menampilkan menu Navigate To kita klik menu Edit > Navigate To. Seperti contoh gamabar dibawah ini:


Fitur-fitur yang terdapat di atas merupakan sebagian dari beberapa fitur yang terdapat di visual basic 2010 yang dapat saya seringkan dalam artikel kali ini. Untuk lebih lengkapnya lagi anda dapat mengunjungi website http://msdn.microsoft.com .

0 comments:

Post a Comment

https://medansuccess.blogspot.co.id/search/label/Lowongan%20Kerja medansuccess.blogspot.co.id medansuccess.blogspot.co.id medansuccess.blogspot.co.id