Friday 16 October 2015

Cara Mudah Mengembalikan Data yang Terformat Dengan Get Data Back



Pernahkah diantara anda yang merasa kehilangan data-data penting anda? Jika ada pertanyaan seperti itu pasti saya yang pertama kali tunjuk jari.. Sempet kesal memang terutama saya pribadi dimana data-data, lagu-lagu dan koleksi software-software yang telah lama saya kumpulkan selama bertahun-tahun hilang begitu saja. sempat pengen nangis rasanya (Lebaaay..), tapi memang begitu kenyataannya. Setelah berminggu-minggu untuk mencari informasi tentang software-software untuk mengembalikan data dan hasilnya memang banyak sekali dan saya sendiri dapat informasi dari teman yang juga pernah mengalami kejadian serupa.

Sebenarnya harga untuk hardisk tidak terlalu dipikirkan karena dimana datanya jauh-jauh lebih penting bahkan lebih mahal dari pada harga hardisknya.

Banyak dari kita yang tidak mengetahui bahwa sebenarnya ada sebuah software yang cukup ampuh dan sekitar 70% dapat di perbaiki tanpa ada kerusakan. Jika memang ada kerusakan ada pada file tersebut yang memang sudah benar-benar rusak. Dalam tutorial kali ini saya akan memberikan trik cara mengembalikan data yang hilang, terhapus maupun yang terformat.


Untuk melakukan pengembalian data yang hilang tersebut dapat menggunakan beberapa software Recovery Data, salah satunya adalah GetDataBack for FAT atau NTFS. Kelebihan dan kekurangan setiap program Recovery Data tentu ada. Namun berdasarkan pengalaman pribadi, saya cenderung lebih memilih program ini karena ketangguhannya. Dulu saya pernah kehilangan data di Hardisk eksternal sebanyak 496 GB.

Karena kesalahan pemakaian, menyebabkan hardisk tersebut harus diformat sebelum bisa digunakan. Dengan terpaksa saya melakukan format itu. Namun alhamdulillah dengan bantuan program GetDataBack itu lebih dari 95% data itu bisa kembali dengan selamat.



Langkah-Langkah Pemakaian Program ini adaah sebagai berikut:
  1. Download Software GetData back DISINI (5,08 MB)
  2. Install (Pasang) Software GetDataBack for Fat (untuk flashdisk, kartu memory dll) atau GetDataBack for NTFS (untuk hardisk laptop internal dan eksternal) di laptop/PC anda
  3. Buka program GetDataBack (Jangan lupa: Klik kanan ikon, Run As Administrator)
  4. Pilih menu help > Register
  5. Masukkan nama dan Serial number
  6. Klik OK
  7. Pilih jenis skenario atau penyebab kehilangan data (Ada 4 pilihan: Tidak tahu, Format, Instal Ulang, dan Delete)



  8. Klik Next
  9. Jika Muncul Warning, klik OK, tutup program, dan ulangi dari langkah 1. Ingat, usahakan harus Run As Administrator. Bukan hanya di double klik saat membukanya. Jika tidak muncul Warning lanjutkan langkah selanjutnya.
  10. Di bagian kiri (Available drives), pilih drive yang akan di-Recovery
  11. Sebagai contoh adalah 2nd hard drives (Flashdisk 16 GB), klik tanda tambah (+) sehingga muncul bagian perluasannya di bawah. Pilih (klik) yang 1st partition (FAT32 LBA) 14,4 GB




  12. Klik Next
  13. Untuk melakukan recovery lebih dalam dan akurat, jangan lupa ubah settingan pada bagian kanan (klik See Current Options) lalu klik semua checkbox pada pilihan Recovery. Jika tidak, abaikan saja.





  14. Klik Next
  15. Tunggu sampai proses selesai
  16. Pada bagian kiri ada pilihan “Found file system”, pilih salah satu file system yang berwarna hijau. Jika ingin menampilkan semua file sistem yang berhasil ditemukan, ubah “Show Recomended” menjadi “Show All”





  17. Klik Next
  18. Tunggu sampai proses selesai
  19. Pilih file-file dan folder yang ditemukan untuk dicopy.



Catatan: Sebaiknya meng-copy file yang ditemukan di tempat (drive) lain untuk menghindari kehilangan file secara permanent jika proses belum selesai.






0 comments:

Post a Comment

https://medansuccess.blogspot.co.id/search/label/Lowongan%20Kerja medansuccess.blogspot.co.id medansuccess.blogspot.co.id medansuccess.blogspot.co.id