Sunday 11 October 2015

Lima Negara Bantu Indonesia Untuk Mengatasi Kabut Asap


Personel Empat Negara Akan Ikut Perang Melawan Asap


JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya bersedia menerima bantuan asing atau pihak internasional untuk mengatasi musibah kabut asap akibat kebakaran hutan di Sumatera dan Kalimantan.

"Presiden RI Joko Widodo menyatakan siap menerima bantuan dari luar negeri untuk mengatasi bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Sumatera dan Kalimantan," tutur Kepala Pusat Data informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho melalui keterangan pers yang diterima wartawan, Kamis (8/10/2015).

Menurut Sutopo bantuan dimintakan kepada sejumlah negara seperti Singapura, Rusia, Malaysia dan Jepang. Pemerintah, kata Sutopo berharap bantuan dari luar negeri dapat mempercepat pemadaman api dan asap.

"Bantuan yang diharapkan adalah pesawat water bombing yang memiliki kapasitas besar yang mampu mengangkut air lebih dari 10 ton," ujarnya.

Sutopo mengatakan personel empat negara itu akan bergabung dengan personel Indonesia, baik dalam operasi darat maupun udara. Mereka akan di bawah langsung tim  yang dibentuk pemerintah Indonesia.

"Bantuan internasional akan difokuskan di Sumatera Selatan, khususnya di Kabupaten Ogan Komering Ilir dan Musi Banyuasin," tuturnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi sempat menolak bantuan dari luar negeri untuk mengatasi kabut asap akibat kebakaran Hutan yang melanda daerah Sumatera dan Kalimantan. Salah satunya Jokowi sempat menolak paket bantuan dari pemerintah Singapura.



Sumber : http://nasional.sindonews.com/




0 comments:

Post a Comment

https://medansuccess.blogspot.co.id/search/label/Lowongan%20Kerja medansuccess.blogspot.co.id medansuccess.blogspot.co.id medansuccess.blogspot.co.id