Wednesday 21 October 2015

Tips Cara Menghindari Kejahatan Phising dari Kaspersky





Perusahaan keamanan digital Kaspersky hari ini, Selasa (29/9/2015), menggelar acara berbagi informasi mengenai keamanan digital terkini. Dalam acara tersebut, Kaspersky memberikan berbagai informasi mengenai kejahatan di internet, salah satunya adalah phising.

Istilah phising sebenarnya bukan baru, namun menurut Kaspersky bahayanya harus lebih diketahui masyarakat Indonesia. Phising sendiri merupakan salah satu bentuk kejahatan digital yang bertujuan untuk mencari dan mendapatkan informasi dari targetnya.

Berbeda dengan malware dan virus yang mengandalkan kelemahan pada sistem, phising lebih mengandalkan kelemahan dan kelalaian pengguna. Salah satu bentuk phising yang cukup marak beredar di pasar adalah situs palsu yang mirip dengan situs aslinya.

Melalui situs palsu tersebut, hacker mencoba mengecohkan pengguna agar memberikan informasi pentingnya seperti nomor kartu kredit, password, dan lain-lain.

"Jumlah kejahatan phising di Indonesia memang tidak sebesar di negara-negara maju lainnya di dunia, namun kejahatan tersebut juga harus mendapatkan perhatian khusus," ujar Dony Koesmandarin, Territory Channel Manager, Kaspersky Indonesia.

Dony mengatakan, saat ini, ada tiga situs yang paling rentan untuk dipalsukan dan digunakan di kejahatan phising. Ketiga situs tersebut adalah Yahoo, Facebook, dan Google. Mengingat ketiganya adalah situs populer yang juga banyak diakses di Indonesia, Dony pun memberikan tips agar Anda dapat terhndar dari kejahatan phising. Berikut adalah tipsnya:
















  • Hati-hati terhadap email yang meminta data pribadi.
  • Jangan mengisi form yang meminta data pribadi.
  • Cek alamat situs, jangan isi formulir pada situs tanpa enkripsi. Situs yang terenkripsi memiliki awalan alamat "https://" bukan "http://".
  • Jangan biasakan membuka situs langsung dari alamat url yang dikirim melalui email. Biasakan ketik ulang alamat url-nya di peramban Anda.
  • Gunakan software antivirus yang memiliki fitur anti-phising.
  • Selalu perbarui peramban Anda ke versi terbaru. Peramban versi terbaru biasanya memiliki sistem keamanan yang lebih baik.




0 comments:

Post a Comment

https://medansuccess.blogspot.co.id/search/label/Lowongan%20Kerja medansuccess.blogspot.co.id medansuccess.blogspot.co.id medansuccess.blogspot.co.id